Komitmen Pemkab Buton Kembangkan SDM Aparatur

PASARWAJO, Arusselatan.com – Pj. Bupati Buton, La Ode Mustari menjadi tamu kehormatan dalam Wisuda Universitas Terbuka (UT) Kendari Periode I di Hotel Claro Kendari, Senin 19 Februari 2024.

Orang nomor satu di Kabupaten Buton itu diundang khusus untuk memberikan sambutan karena komitmennya terhadap pengembangan SDM aparatur di daerah.

“Kabupaten Buton saat ini terus berbenah untuk menciptakan suasana sebagai kota pendidikan yang dapat menampung seluruh mahasiswa dari berbagai daerah. Kita telah melihat bersama di Kabupaten Buton telah berdiri 4 kampus besar yaitu Universitas Muhammadiyah Buton, Poltekkes Kemenkes Kendari, Institut Teknologi Kelautan Buton dan Universitas Dayanu Ikhsanudin yang kesemuanya telah memberikan ruang belajar bagi mahasiswa putra putri kita yang akan melanjutkan pendidikannya,” ungkap Pj. Bupati Buton, La Ode Mustari saat memberikan sambutan.

Menurutnya, kehadiran Universitas Terbuka di Provinsi Sulawesi Tenggara menjadi sebuah berkah yang luar biasa karena menjadi wadah institusi pendidikan jarak jauh yang dapat menjadi solusi bagi pemerintah daerah, khususnya Pemkab Buton untuk meningkatkan kompetensi sumber daya manusianya.

La Ode Mustari meyakini kompetensi SDM seluruh wisudawan Universitas Terbuka merupakan modal SDM yang tidak ternilai. Sehingga patut berbangga karena telah menjadi lulusan dari Universitas Terbuka.

“Kedepannya kita sama-sama berharap agar terwujudnya Universitas Terbuka yang telah berstatus PTNBH ini dengan akreditasi program Studi A dan B dapat terus mencetak SDM yang unggul dan terus berkontribusi bagi daerah,” tambahnya.

Mustari berharap Universitas Terbuka semakin maju dan dapat membuka program-program studi lainnya yang menjadi kebutuhan SDM pemerintah daerah dan dunia kerja.

Sebagai wujud dari komitemen terhadap pendidikan, Pemkab Buton bersama Universitas Terbuka akan melakukan kerja sama dengan pemberian beasiswa kepada Aparat Sipil Negara (ASN) tingkat sarjana sebanyak 25 mahasiswa, program pascasarjana sebanyak 20 mahasiswa, serta program doktoral yang dialokasikan di tahun ini.

Kerjasama juga dikembangkan di luar ASN yakni pengembangan sumber daya aparat desa melalui program rekognisi pembelajaran lampau dan program sarjana Ilmu pemerintahan yang terus didorong untuk percepatan peningkatan sumber daya aparat desa.

Pemerintah Kabupaten Buton mengucapkan selamat dan penghargaan kepada Universitas Terbuka atas terselenggaranya acara wisuda tersebut. Semoga terus terjalin kerja sama yang harmonis.

“Kami selaku Pemerintah Kabupaten Buton tetap akan berkomitmen dan membantu serta bekerja sama dalam menyediakan sarana bagi wadah promosi dan sosialisasi bagi seluruh Institusi Pendidikan,” katanya.

Kepada seluruh wisudawan dan wisudawati diharapkan dapat memberikan warna tersendiri bagi daerah dan ilmunya dapat bermanfaat bagi daerah, orang tua, keluarga dan masyarakat luas.

Sekadar diketahui, turut hadir mendampingi Pj. Bupati Buton, Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Asnawi Jamaluddin, S.Pd., M.Si. yang juga Ketua IKA UT Kendari, Kaban Kesbangpol drh. H. Muhamad Zamni, M.Si., Kasatpol PP, La Ode Muharram, S.E., M.Si., Plt. Kadis Kominfo Alimuddin Matu, S.Pd., M.Si., Kabag Organisasi H. Abdul Rais, SP, Kabag Umum Muhammad Basri, S.STP., M.Si., Kabag Pemerintahan La Juara, S.E. (adm)

Facebook Comments Box