Pemkab Busel Gelar Pasar Murah

Ketgam : Pasar Murah yang dibuka Pj. Bupati Buton Selatan.
Ketgam : Pasar Murah yang dibuka Pj. Bupati Buton Selatan.

BATAUGA, Arusselatan.com – Pemkab Buton Selatan melalui Dinas Ketahanan Pangan menggelar pasar murah di pelataran gedung, Dekranasda Buton Selatan, Senin 26 Juni 2023. Kegiatan dihelat serentak seluruh Indonesia bersama Badan Pangan Nasional (Bapanas) sebagai bentuk perhatian pada masyarakat dalam memperoleh bahan pangan dengan harga yang terjangkau.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Buton Selatan, Isur Hanafsan menuturkan kegiatan yang dilakukan pihaknya merupakan salah satu langkah dalam mendukung stabilitas pasokan kebutuhan pokok. Terlebih, dapat menekan lonjakan harga kebutuhan pokok menjelang Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi.

”Ini adalah bentuk dalam mengendalikan inflasi daerah apalagi menjelang perayaan Idul Adha 2023 Masehi. Berkaca dijelang perayaan lebaran pasti pasokan harga akan melonjak dan kebutuhan masyarakat sangat tinggi,” tuturnya

Kata dia, antusias masyarakat atas gerakan pangan murah cukup ramai. Harga yang ditawarkan tentu lebih rendah dibanding harga kebutuhan pokok pada umumnya.

Untuk ukuran beras pada umumnya dibandrol paling rendah Rp 52 ribu hingga Rp 54 ribu per lima kilogramnya. Sementara di pasar murah yang kami lakukan hanya pada ksiaran Rp 45 ribu per lima Kg.

Selain beras, ada pula minyak goreng ukuran 2 liter yang dipatok dengan harga Rp 28 ribu. Sedangkan gula pasir yang sedianya dipatok dengan harga Rp 16 ribu perkilogramnya kini dapat dieproleh dengan harga Rp 14 ribu.

“Kalau bawang merah dan bawang putih masing-masing diharga Rp 35 ribu perkilogramnya. Begitu pula dengan telur ayam dijual dengan harga Rp 58 ribu per raknya,” jelasnya. (adm)

Facebook Comments Box