Pemkot Baubau Tetapkan 116 Titik Salat Idul Adha

Arlis

Baubau, Arusselatan.com– Pemerintah Kota Baubau menetapkan sebanyak 116 titik pelaksanaan salat Idul Adha 1444 Hijriah/2023 Masehi. Penetapan itu diambil melalui rapat yang digelar di Kantor Wali Kota Baubau, Rabu 21 Juni 2023.

Kepala Bagian (Kabag) Kesra Setda Baubau, Arlis menuturkan, 116 titik tempat pelaksanaan salat Idul Adha tersebut tersebar dalam wilayah Kota Baubau.

“Dari 116 itu, ada 102 titik pelaksanaannya di dalam masjid, kemudian 14 titik di luar masjid (tanah lapang),” tutur Arlis saat ditemui di ruang kerjanya, Kamis 22 Juni 2023.

Kata dia, dari 116 titik yang ditetapkan tersebut ada dua titik yang menjadi perhatian utama Pemkot Baubau yakni Pantai Kamali dan Stadion Betoambari.

“Tapi bukan berarti di titik lain yang masuk dalam 116 titik ini tidak jadi perhatian. Bahkan sudah ditetapkan juga siapa-siapa imam dan khatibnya,” ujarnya.

Mantan Sekretaris Dinas Dukcapil Baubau ini menjelaskan, Pantai Kamali dan Stadion Betoambari ada penanganan khusus karena persiapannya untuk mengantisipasi bakal membludaknya jamaah yang melaksanakan salat Idul Adha.

“Jadi persiapannya tentu melebih dari titik titik yang sudah ditetapkan tadi. Mulai dari penyiapan soundsystem, pengaturan saf, dan pengamanan saat salat sehingga masyarakat bisa aman dan nyaman dalam menjalankan ibadahnya,” jelasnya.

Arlis menambahkan, titik pelaksanaan salat Idul Adha di Pantai Kamali dan Stadion Betoambari disiapkan untuk pimpinan daerah dalam hal ini Wali Kota.

“Tapi belum diketahui apakah Beliau (Wali Kota Baubau) akan salat di Pantai Kamali atau Stadion Betoambari,” tandasnya. (adm)

Facebook Comments Box