Pj Bupati Buton Tinjau Banjir di Lasembangi

Pj Bupati Buton saat meninjau lokasi banjir di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Senin 3 April 2023. (Foto Istimewa)

PASARWAJO, Arusselatan.com- Pj Bupati Buton, Drs. Basiran mengunjungi 13 rumah warga yang terendam banjir di Desa Lasembangi, Kecamatan Lasalimu, Senin 3 April 2023.

“Saya cepat turun ke lokasi karena saya tidak hanya ingin menerima laporan dari Kepala Desa atau Camat ataupun laporan dari penanggulangan bencana tetapi saya ingin melihat langsung untuk kita bisa mengambil langkah-langkah selanjutnya,” kata Pj Bupati Buton.

Menurut dia, sejak lama wilayah tersebut sudah terjadi penggundulan hutan sehingga jika terjadi hujan lebat maka semua lumpur, tanah masuk ke sungai yang mengakibatkan pendangkalan dan akhirnya meluap dan tidak bisa masuk lagi ke aliran sungai sehingga air tergenang.

“Solusi awal adalah relokasi. Tetapi setelah saya mendiskusikan hal ini dengan Pak Kades, bahwa masyarakatnya sudah merasa nyaman untuk menetap di kawasan itu. Namun situasi banjir di sini merupakan wilayah rawa yang ditempati 13 KK, kita sebagai pemerintah tidak boleh tinggal diam. Kepala Desa menawarkan solusi untuk pengerukan sungai sesuai usulan warga, namun menurut analisis saya dengan anggaran yang dianggarkan APBD desa itu tidak maksimal. Karena pekerjaannya berat. Dan normalisasi sungai itu adalah berasal dari APBN atau APBD Provinsi karena itu merupakan kewenangan provinsi,” katanya.

Oleh karena itu solusi awal yang ditempuh mengantisipasi wilayah banjir adalah dengan menimbun permukiman warga.

“Itu sebagai antisipasi supaya jika terjadi hujan deras air sungai tidak lagi tergenang,” tandasnya.

Pj Bupati Buton juga mengatakan Pihak Pemkab Buton melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Buton dan Dinas Sosial Kabupaten Buton mengantisipasi darurat bencana dengan mempersiapkan tenda untuk mengantisipasi kemungikinan terburuk jika air terus merendam pemukiman warga. (adm)

Facebook Comments Box